5 Kekalahan Terbesar Indonesia di Piala AFF


Piala AFF 2014 menjadi tahun termurung bagi sepakbola Indonesia. Penampilan buruk dan dihajar 4-0 oleh Filipina begitu menyesakkan bagi para pendukung timnas.

Sebelumnya, meski tak pernah juara, namun Indonesia memiliki catatan bagus setiap berpartisipasi dan empat kali menjadi runner up. Namun kekalahan berturut-turut pada musim tahun ini mencoreng sejarah sepakbola Indonesia.

Pelatih Alfred Riedl yang pernah membawa Indonesia menjadi runner up pada tahun 2010 dibuat tak berkutik. Mereka ditahan 2-2 oleh Vietnam dan dilumat habis tanpa balas oleh Filipina. Kalah dengan Fillipina menjadi kekalahan terbesar Indonesian sepanjang Piala AFF.

Berikut rangkuman kekalahan timnas Garuda Merah Putih sepanjang gelaran Piala AFF seperti dikutip dari Bola.net:

1. Thailand 4-1 Indonesia (Piala Tiger 2000)

Masih bernama Piala Tiger, Stadion 700th Anniversary, Chiang Mai Thailand menjadi saksi pedih ketika Garuda Merah Putih dibantai 4-1 oleh Thailand. Namun kekalahan ini tak membuat semangat Indonesia surut dan mereka tetap melaju ke final.

2. Thailand 4-1 Indonesia (Piala Tiger 2000)

Thailand menjadi momok menakutkan bagi timnas Indonesia. Mereka dipertemukan di final dan mimpi buruk pun terulang kembali. Indonesia dihajar habis pada duel yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, 18 November 2000.

3. Indonesia 1-3 Singapura (Piala Tiger 2004)

Lini Indonesia terseok akibat cedera yang dialami oleh Boaz Solossa yang menjadi mesin pendobrak setiap serangan. Alhasil mereka dengan mudah ditekuk oleh Singpura pada final leg pertama yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

4. Malaysia 3-0 Indonesia (Piala AFF 2010)

Indonesia tampil perkasa sejak penyisihan grup pada Piala AFF 2010. Hal ini menjadi kabar gembira dan yakin bahwa persepakbolaan Indonesia telah bangkit. Sayangnya pada partai final, Indonesia seolah kehilangan taji dan mereka dibabat habis oleh Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 26 Desember 2010.

5. Filipina 4-0 Indonesia (Piala AFF 2014)

Kekalahan menyesakkan bagi Indonesia dari tim yang sebelumnya dihajar habis oleh Thailand. Padahal prediksi mengarah bahwa Indonesia lebih unggul dalam permainan dibandingkan Filipina. Namun Indonesia memberikan permainan yang mengejutkan di mana mereka tampil begitu buruk.

wdcfawqafwef