Janda Terkaya di Inggris Dapat Harta Gana-Gini Rp 6,4 Triliun


Seorang wanita di London mendapatkan harta gana-gini dari perceraian dengan suaminya sebesar 337 juta poundsterling atau setara Rp 6,4 triliun. Jumlah fantastis tersebut menjadi harta perceraian paling terbesar se-Inggris Raya.

Janda bernamna Jamie Cooper-Hohn (49), seorang perempuan kelahiran AS itu sebelumnya telah menikah dengan manajer hedge fund Chris Hohn (48) setelah menikah selama 15 tahun, dilansir dari Mirror, Kamis (27/11).

Keduanya bertarung di pengadilan menuntut pembagian aset senilai lebih dari 700 juta poundsterling atau Rp 13,4 triliun.

Hohn awalnya menawarkan akan memberikan seperempat kekayaannya pada istrinya namun ditolak. Menurut Jamie ia berhak mendapatkan separuh dari keseluruhan total aset.

Keduanya pertama kali bertemu semasa kuliah di Harvard University dan memiliki empat anak. Saat ini mereka memiliki Yayasan Dana Investasi untuk membantu anak-anak miskin berprestasi di negara-negara berkembang.

Hohn dilaporkan berhasil mengumpulkan 1 miliar poundsterling dari tahun 2006 hingga 2011. "Untuk jangka waktu yang panjang, saya seorang penghasil uang yang luar biasa," kata Hohn kepada pengadilan.

Pembagian harta gana-gini tersebut berhasil melampaui nilai total saat perceraian pengusaha Rusia, Boris Berezovsky, kepada mantan istrinya, Galina Besharova pada 2011 lalu sebesar 165 juta poundsterling hingga 220 juta poundsterling.

wdcfawqafwef